Gede Pangrango

ROP Gunung Gede Pangrango Autumn Expedition 16-21 juni 2013

Hari Pertama Minggu 16 Juni 2013
  • Pada jam 14.30 WIB kita berangkat dari basecamp kami untuk menuju Pull P.O Rosalia Indah. Yang berangkat untuk pendakian ini adalah Noval singo, Wildan patak, Inas juplek, Elin, dan dayat cubung. Ternyata teman-teman sangat peduli untuk mengantarkan kami dan menemani kami menunggu bis.
  • Jam 15.00 WIB kita sampai di pull P.O Rosalia Indah. Kami bersama teman-teman menunggu bis yang ternyata terlambat datang sampai sekitar 4 jam ke depan. Ini semua membuat kami sangat bosan dan kecewa tetapi teman-teman sangat antusias ntuk menemani kami sampai bis tersebut datang.
  • Jam 17.30 Bis datang pun dan kita langsung naik untuk menuju kota Bogor. Kami sangat sedih berpisah dengan teman-teman ini. kita berharap agar mereka ini bisa ikut dengan kami.
  • Jam 23.30 kita berhenti untuk istirahat dan makan di rest area. Kita turun dari bis dan langsung mencari makan. Pada saat itu Dayat cubung berkata bahwa kami bisa makan gratis dengan menujukkan tiket bis tersebut, dan kita semua mulai bersemangat. Sesampainya di tempat makan ternyata karna kita menaiki bis ekonomi maka kita tidak dapat makan gratis. Kami pun langsung pergi dari tempat tersebut dan kita tertawa mungkin karna kita semua merasa malu dengan orang-orang yang ada disana. Kami pun akhirnya makan dengan uang sendiri tanpa ada hal yang gratis.
  • Jam 00.00 kita berangkat kembali menuju Bogor. Kita meninggalkan rest area tersebut dengan tertawa sepanjang jalan karna kelucuan kita pada saat makan malam tadi. Akhirnya kami pun istirahat untuk menjaga kondisi kesehatan kita karna perjalanan masih jauh.
Senin 17 Juni 2013
  • Jam 05.00 kita sampai di Indramayu rest area P.O Rosalia Indah untuk sholat
  • Jam 06.00 kita berangkat kembali menuju Bogor
  • Jam  11.30 kita sampai di terminal Baranangsiang Bogor. Kita turun dari bis didepan terminal dan mulai mencari angkutan umum untuk menuju Cibodas. Ternyata kita tidak bisa langsung menuju Cibodas, harus menuju Ciawi terlebih dahulu kemudian di lanjutkan dengan bis antar kota yang menuju Cianjur.
  •  Jam 12.00 kita berangkat menuju Ciawi dengan menggunakan angkot (angkutan kota).
  • Jam 12.30 kita sampai di Ciawi dan langsung menaiki bis yang menuju ke Cibodas (Basecamp Taman Nasional Gunung Gede Pangrango). Bis yang kami tumpangi sangatlah ramai dan padat.
  • Jam 13.00 kita berangkat menuju ke Cibodas. Ternyata kita harus melewati daerah Puncak, Bogor yang terkenal dengan kemacetannya. Kami bersabar menunggu.
  • Jam 15.00 kita sampai di Cibodas, kita harus menaiki angkutan umum lagi untuk sampai di basecamp Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Di sepanjang jalan kita di perlihatkan dengan pemandangan Gunung Gede Pangrango yang pada saat itu terlihat karna cuaca yang cukup terang dan bersahabat.
  •  Jam 15.15 kita tiba di basecamp Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kami pun langsung menyiapakan apa saja yang harus kita siapkan untuk registrasi pendakian. Ada beberapa kendala yang kami dapat. Kami sangat tidak dihargai oleh orang yang mengurus registrasi di kantor tersebut. Bisa-bisanya kita disuruh kembali pulang dan kembali lagi esok hari karna pegawai tersebut ingin pulang. Kamipun sangat kesal dengan apa yang dilakukan dengan pegawai tersebut. Kami tetap bersabar dan berusaha untuk berkata-kata yang baik agar tidak terjadi hal yang tidak kami inginkan. Dan akhirnya kamipun bisa mendapat perizinan untuk mendaki pada hari ini juga. Kamipun bersyukur karna dapat perizinan tersebut, tetapi kita harus tetap berhati-hati dikarenakan hari kita mendaki sangatlah dibatasi dan bila melanggar kita harus membayar 10x lipat dari biaya pendakian. Sungguh aturan yang sangat membingungkan kami.
  • Jam 16.30 kita selesai registrasi untuk pendakian
  • Jam 16.35 kita istirahat sejenak di warung-warung yang ada di sekitar Basecamp tersebut.kita makan dan juga mengistirahatkan badan karna kita sudah menempuh perjalanan yang sangatlah jauh. Seprti biasa kita berbinca-bincang dan bergurau sesame dan juga dengan pengunjung yang ada di warung tersebut.
  • Jam 19.15 kita mulai mendaki.
  • Jam 19.35 kita sampai di basecamp ke 2 untuk registrasi kembali. Ternyata kita diwajibkan untuk menulis dan menyebutkan berapa jumlah barang bawaan kami yang bisa menimbulkan sampah seperti plastik bungkus makanan,batere,dll. Kitapun sempat bingung tetapi ini adalah cara yang cukup bagus untuk menanggulangi sampah yang dibuang oleh pendaki yang tidak bertanggung jawab.
  • Jam 19.40 kita berangkat kembali melanjutkan perjalanan. Kita pun berdoa sebelum melanjutkan perjalanan kembali agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Selesai berdoa kita langsung melanjutkan perjalanan. Kita membagi posisi, dan yang didepan adalah Wildan patak, posisi 2 noval singo, posisi 3 dan 4 elin dan inas juplek, dan yang menjadi sweeper adalah dayat cubung.
  • Jam  20.00 kita sampai pada pos 1 (kita menyebut pos 1 karna memang tempat tersebut berbentuk seperti pos peristirahatan). Kita minum sambil membaca peta.
  • Jam 20.15 kita melanjutkan perjalanan kembali.
  • Jam 20.50 kita sampai pada pos 2.
  • Jam 21.00 kita melanjutkan perjalanan kembali.
  • Jam 21.15 kita sampai di rawa Gayonggong. Terdapat jembatan yang terletak diatas rawa tersebut sehingga kita melewati rawa tersebut diatas jembatan dan juga kita disuguhkan dengan pemandangan gunung pangrango yang tampak cerah pada malam itu. Jaembatan tersebut ternyata sangatlah panjang. Pemandangan pertama yang sangat indah.
  • Jam 21.40 kita sampai di persimpangan Panyangcangan. Dimana di persimpangan tersebut bila kita ke kanan kita akan menuju air terjun Cibeureum, jika lurus kita akan menuju puncak Gede dan Pangrango yang harus melewati air panas. Kita bisa mendengar suara air terjun Cibeureum yang cukup kencang. Kami tidak menyempatkan untuk ke Air terjun tersebut karna perjalanan kita yang masih sangat panjang.
  • Jam 21.50 kita melanjutkan perjalanan kembali. Mulai trek yang kita lalui menanjak dan berat. Dan juga hutan-hutan yang masih sangat rapat sehingga sinar bulan tidak dapat masuk untuk menerangi trek yang kami lalui.
  • Jam 22.30 kita sampai di pos 3.
  • Jam 22.45 kita melanjutkan perjalanan kembali.
  • Jam 23.30 kita sampai di pos 4 dan kita mulai memsak untuk mengisi tenaga kita mengingat trek yang kita lalui menanjak dan berat. Ternyata di ditempat tersebut ada sebuah kamar mandi yang kurang terawatt tetapi terdapat sumber air yang mengalir yang bisa kita ambil untuk persediaan di jalan. Kamipun mengambil air dan memasak mie instan agar cepat dan praktis sehingga tidak memotong waktu perjalanan kami. Sewaktu kita makan kita kaget karna kita didatangi oleh sigung(tikus tanah). Kami pun mengambil foto untuk kami tunjukkan kepada teman-teman di Yogyakarta.
  • Jam 00.00 kita melanjutkan perjalanan kembali.
Selasa, 18 Juni 2013
  • Jam 02.00 kita sampai di air panas. Disana kita benar-benar melewati air panas tersebut. Sangat seru dan menantang dan juga harus berhati-hati karna trek kali ini licin dan berbatu. Kita memang diharuskan melewati aliran air panas tersebut. Sangat hangat tidak terlalu panas. Kita ingin sekali kembali lagi untuk menikmati air panas tersebut.
  • Jam 02.45 kita sampai di Kandang Batu tempat yang cukup luas untuk mendirikan camp. Tetapi kita melanjutkankan kembali perjalanan untuk mendirikan camp di Kandang Badak sesuai rencana kita sebelumnya.
  • Jam 03.50 kita sampai di Kandang Badak dan langsung mendirikan camp, kita istirahat sejenak dan mempersiapkan peralatan memasak untuk sarapan pagi ini.
  • Jam 06.00 kita mulai sarapan dan setelah selesai sarapan kita langsung tidur untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak Pangrango dan Mandala Wangi. Kita sengaja berangkat sore agar bisa melihat sunset di Mandala Wangi.
  • Jam 12.00 kita bangun dan mempersiapkan untuk makan siang
  • Jam 13.30 kita berangkat menuju puncak Pangrango dan Mandala Wangi. Ditengah-tengah perjalanan kita di beri pemandangan hutan tropis yang sangat hijau dan sangat subur. Banyak sekali pohon-pohon besar yang melintang sepanjang trek yang harus kita lalui dengan merunduk dan melangkahi pohon-pohon tersebut. Dan juga terdapat bunga anggrek yang tumbuh banyak sekali di pohon-pohon yang menambah nilai keindahan pemandangan sepanjang jalan.
  • Jam 16.00 kita sampai di puncak Pangrango dan istirahat sebentar sambil menikmati pemandangan Gunung Gede yang bisa kita lihat dari puncak Pangrango. Angin disinisangatlah kencang dan juga suhu yang sangat dingin. Kencangnya angin bisa kita lihat dan dengar dari pohon-pohon yang tertiup angin menimbulkan suara seperti alam ini sedang menyambut kedatangan kami.
  • Jam 16.30 kita melanjutkan perjalanan ke Mandala Wangi. Mandala Wangi terdapat di bawah puncak Pangrango. Jadi kita harus berjalan turun agar bisa sampai di Mandal Wangi.
  • Jam 17.00 kita sampai di Mandala Wangi. Sungguh pemadangan yang sangat indah. Kita sangat takjub dengan tempat ini. Lapang luas yang dipenuhi dengan edelweiss yang sangat banyak dan juga 2 lembah dan ditengah-tengah lembah tersebut kita bisa melihat Gunung Salak dengan cerah. Kami berlarian kesana-kemari dan juga memeluk edelweis karna kita sangat bahagia dan senang bisa sampai di tempat ini dimana Soe Hok Gie membuat puisi tentang Mandala Wangi.
  • Jam 17.30 kita melanjutkan perjalanan ke Kandang Badak tempat camp kita.
  • Jam 20.00 kita sampai di Kandang Badak dengan selamat. Kita langsung memasak untuk makan malam ini. setelah makanan yang dimasak sudah matang kita langsung menyantapnya dengan lahap dengan bercerita-cerita tentang Mandala Wangi yang sungguh indah tersebut dan juga kita membicarakan rencana perjalanan yang sudah kita buat untuk melanjutkan perjalanan ke Puncak Gede dan Alun-alun SuryaKancana
  • Jam 22.30 kita mulai tidur untuk melanjutkan perjalanan esok hari
Rabu, 19 Juni 2013
  • Jam 07.45 kita bangun dan langsung menyiapkan sarapan pagi
  • Jam 08.30 kita selesai makan dan langsung menuju puncak Gede
  • Jam 09.15 kita istirahat sejenak karna trek jalan yang sangat menanjak. Berjalan sedikit kita sudah bis melihat puncak Gede beserta kawahnya. Trek yang kita lalui mulai berpasir. Di sebelah kanan kita bisa melihat alun-alun Suryakancana yang sangat luas.
  • Jam 10.45 kita sampai di puncak Gede. Di sana juga terdapat tempat bekas pemancar sinyal yang sudah lama lapuk, dan juga kita bertemu dengan seekor anjing yang berkalung dan terdapat tulisan Gunung Gede. Mungkin anjing terebut penjaga puncak Gede.
  • Jam 11.00 kita melanjutkan perjalanan kembali untuk menuju ke Alun-alun Suryakancana. Kita harus turun dari puncak Gede terlebih dahulu untuk bisa sampai di alun-alun Suryakancana.
  • Jam 11.25 kita sampai di Alun-alun Suryakancana. Sungguh tempat yang sangat indah kembali di berikan kepada kita. Lapang luas yang lebih luas dari Mandala Wangi dengan edelweiss yang sangat banyak. Sungguh ini membuat kita sangat bahagia dengan pemandangan-pemandangan yang kita peroleh di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kita sangat lama sekali berdiam disini menikmati pemandangan dan juga bercerita-cerita dengan pendaki lain yang bertemu kita disini yang berasal dari Yogyakarta juga.
  • Jam 16.00 kita memutuskan untuk kembali ke Kandang Badak . ditengah-tengah perjalanan kita bersama memutuskan untuk melewati tanjakan setan. Sangat menantang sekali.
  • Jam 17.10 kita sampai di Kandang Badak dan langsung saja kita mempersiapkan makan malam dan juga packing untuk turun ke basecamp.
  • Jam 18.45 kita selesai packing dan kita langsung melanjutkan perjalanan turun ke basecamp. Kami berdoa terlebih dahulu agar tidak terjadi apa-apa ditengah-tengah perjalanan ini. Kami sangat sedih meninggalkan Gunung Gede Pangrango ini dengan pemandangan-pemandangannya yang sangat  menakjubkan. Kami sangat ingin tetap disni, tetapi karna simaksi kita harus turun hari ini, maka kita hars menaati peratrab tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan
  • Jam 23.40 pas kita tiba di basecamp ke 2 untuk melaporkan simaksi kita
  • Jam 00.00 kita tiba di basecamp ke 1 dan kita menuju warung yang kita singgahi pertama sebelum kita mendaki. Kita istirahat, ada yang makan, ada juga yang pesan kopi. Setalah itu kita langsng istirahat tidur untuk melanjutkan perjalanan kembali ke jogja
Kamis, 20 Juni 2013
  • Jam 09.00 kita bangun dan sarapan pagi. Salah satu dari kita pergi untuk mengambil foto di sekitar basecamp ke 1 Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan juga ada yang mencari cinderamata untuk teman-teman kita di Yogyakarta
  • Jam 09.30 kita packing untuk pulang. Setelah packing siap kita membayar biaya kita sarapan pagi tadi
  • Jam 10.00 kita meninggalkan warung yang kita singgahi tersebut dan segera mencari angkutan umum untuk mengantarkan kita sampai bawah dan mencari angkutan umum lagi menuju Bogor
  • Jam 10.15 kita sampai di bawah dan kita segera berpindah ke angkutan umum lainnya untuk menuju bogor. Di perjalanan kita terjebak macet di daerah puncak bogor karna memang daerah tersebut daerah sering terjadi macet. Kita sangat kelelahan karna terjebak macet tersebut.
  • Jam 13.00 kita sampai di terminal baranangsiang Bogor setelah melewati macet yang sangat padat. Kita bersabar karna memang kita berada di yang sangat pada penduduk. Kita mencari angkutan umum lagi menuju daerah Tajur, Bogor untuk mendatangi agen P.O Rosalia Indah agar bisa membeli tiket untuk pulang ke Yogyakarta
  • Jam 14.30 kita sampai di daerah Tajur, Bogor dan sampai di agen P.O Rosalia Indah dan langsung membeli tiket pulang. Ternyata di luar dugaan kami, sebagian dari kita harus beda bis karna tempat duduk yang sudah penuh. 3 dari kita naik bis Bisnis AC dan yang 2 harus menaiki bis eksekutif. Kita berunding untuk membagi siapa yang di bis eksekutis dan siapa yang di bis bisnis. Tentu saja elin dan inas juplek kita putuskan untuk naik bis eksekutif dan noval singo, wildan patak, dan dayat cubung menaiki bis bisnis. Sesungguhnya bila naik eksekutif sangatlah nyaman. Bis Eksekutif pun berangkat terlebih dahulu pada jam 16.00 setalah itu bis Bisnis AC berangkat pada jam 17.00.
  • Jam 17.00 kita berangkat menuju Yogyakarta. Tidak ada cerita-cerita bersama karna memang kita sangat kelelahan dan langsung saja kami istirahat
Jumat, 21 Juni 2013
  • Jam 10.30 kita sampai di Surakarta karna memang bis menuju Yogyakarta langsung tidak ada. Kita ber 3 turun di daerah Klaten, Jawa tengah. Dan yang 2 lagi sudah dalam sampai di Yogyakarta setelah kita hubungi. Kita bertiga mencari bis umum untuk menuju ke Yogyakarta
  • Jam 10.45 kita menaiki bis umum yang akan mengantarkan kita menuju Yogyakarta. Kembali lagi kita istirahat agar tidak kelelahan sesampainya di Yogyakarta
  • Jam 12.00 kita sampai di di lampu merah blok o. kita turun dan memutuskan untuk berjalan kaki menuju basecamp kita. Ternyata sudah ada yang menunggu kedatangan kita disana. Tetapi yang menjemput hanya 2 orang saja sedangkan kita yang datang ada 3 orang. Dengan terpaksa noval singo dan wildan patak pulang terlebih dahulu dan dayat cubung menunggu jemputan lagi. Setelah menunngu lumayan lama wildan patak kembali untuk menjemput dayat cubung yang sudah menunggu lumayan lama.